ANALOG INPUT

TUJUAN

  1. Dapat menggunakan sensor analog ke PLC
  2. Dapat mengakses sensor analog dari PLC

DASAR TEORI

PLC merupakan alat yang digunakan untuk mengatur suatu sistem yang rumit. PLC biasanya digunakan di dalam dunia industri karena PLC mempunyai fungsi yang banyak dan dapat mengatur alat besaran juga dapat mengendalikan sistem yang mempunyai bagian-bagian kerja yang sangat banyak.

Agar PLC dapat mengendalikan sistem dengan baik dan benar, maka PLC membutuhkan parameter yang digunakan untuk pengambilan keputusan saat menjalankan fungsinya. Cara PLC mendapatkan parameter dari input kode program (ladder diagram) jika sistem yang jalankan merupakan sistem yang selalu berulang ulang. Jika sistem yang dijalankan dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, maka PLC harus menggunakan sensor untuk mendapatkan parameter yang dibutuhkan.

PLC dapat menggunakan sensor digital yang akan memberikan nilai 1 atau 0 tergantung kondisi yang ada. Sensor digital dihubungkan melalui port CIO PLC dan memiliki alamat akses input tergantung dari jenis PLC yang digunakan (CP1H input 0.00-0.11 dan 01.00-01.11). PLC juga dapat menggunakan sensor analog yang akan memberikan data secara analog.

Untuk dapat menggunakan sensor berjenis analog, sensor tersebut harus dihubungkan ke port ADC yang ada. PLC dapat membaca data analog arus atau tegangan tergantung dengan kondisi deep switch yang ada di bagian analog input/output PLC.

Deep switch

Sensor analog yang dapat terhubung ke PLC CP1H memungkinkan untuk 4 sensor analog untuk dapat terhubung ke PLC. Port input tersebut ada 8 buah port yang masing masing saling berpasangan untuk input positif (+) dan negatifnya (-) sehingga hanya ada 4 sensor yang dapat masuk ke PLC

Port analog I/O

HASIL

  • Input potensiometer

Edit image

  • Input LM35

This image has an empty alt attribute; its file name is lm35.png

  • Scaling suhu LM35

This image has an empty alt attribute; its file name is scalling-suhu.png

PEMBAHASAN

Sebelum membuat diagram ladder untuk mengakses sensor analog, ada langkah langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pertama adalah mengatur resolusinya, dalam CP1H terdapat 2 resolusi yaitu 1/6000 dan 1/12000. Setelah itu aktifkan input analog yang ingin digunakan dan pilih range yang ingin digunakan (dalam kegiatan ini range dari 0 asmpai 5v).

Settingan PLC

Setelah langkah-langkah persiapan sudah selesai, selanjutnya adalah membuat diagram ladder. Instruksi yang digunakan untuk membaca analog input adalah instruksi scale (SCL). Instruksi ini akan menggunakan 3 variabel. Variabel yang pertama adalah alamat input analog, yang kedua adalah parameter range awal, dan yang terakhir adalah alamat data analog yang sudah diolah (Tempat penyimpanan).

Instruksi SCL digunakan untuk scaling data. Untuk melakukan scaling data diperlukan 4 alamat sebagai acuan scaling. Data P1 akan digunakan sebagai awal data scaling (BCD). P1+1 akan digunakan sebagai data awal input analog. P1+2 sebagai data akhir data scaling (BCD). dan P1+3 sebagai range akhir data input analog.

Instruksi SCL
Data parameter scalling

Pada kegiatan ini akan membaca input analog dari potensiometer yang dihubungkan ke slot 4 analog (alamat 203) dan LM35 yang merupakan sensor suhu dan dihubungkan ke 2 analog (alamat 201).

Untuk membaca analog input dari potensiometer, parameter scalling yang digunakan adalah 0-&6000 (tergantung resolusi yang digunakan) untuk analog input parameter dan 0-#10 untuk scalling input parameter. alamt yang digunakan untuk menyimpan parameter tersebut adalah D30-D33. Nantinya analog input yang masuk ke PLC akan diubah menjadi rangenya menjadi 0-10 yang awalnya dari 0-6000. Hasil scaling tersebut akan disimpan di alamat D200.

Untuk membaca analog input dari LM35 sama seperti potensio, perbedaannya ada di scalling input parameter yaitu dari 0-#1000. Hasil dari scalling tersebut lalu di bagi 2 menggunakan instruksi BCD divide untuk mendapatkan hasil berupa suhu ruangan yang ada. Data suhu ruangan tersebut disimpan di alamat D500.

KESIMPULAN

  • PLC dapat membaca input berupa digital maupun analog.
  • Input analog harus melakukan setting pada PLC
  • Input analog dihubungkan ke ADC yang ada di PLC
  • Resolusi analog tergantung pada jenis PLC yang digunakan
  • Untuk membaca data analog dibutuhkan scaling agar dapat diatur range datanya.
  • Untuk membaca suhu dengan LM35, data BCD yang sudah di scaling dibagi 2 agar data suhunya keluar.

DAFTAR PUSTAKA

EBHE (3 Oktober 2009). Apa itu PLC dan Apa Fungsinya. Dikutip 1 September 2019 dari ndoware :https://ndoware.com/apa-itu-plc.html
Wicaksono, Handy (2009). Programmable Logic Control Teori, Pemrograman, dan Aplikasinya dalam sistem otomasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
http://www.mouser.com/ds/2/307/-532345.pdf
http://jagootomasi.com/skala-di-plc-omron-menggunakan-perintah-scl/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *